Pages

MOTO

Primanet Cangkring, Ikut Berpartisipasi dalam Dunia Pendidikan

Monday 18 April 2016

TUJUH PEMUDA PILIHAN ALLAH



TUJUH PEMUDA PILIHAN ALLAH

Jika kita membuka lembaran Islam, kita akan mempelajari betapa Rasulullah S. A. W. memberikan keteladanan, baik ia masih anak-anak, remaja, lebih lebih pada saat ia telah diangkat menjadi Rasul. Dari keteladanan beliaulah kita bisa menjadikannya dasar bagaimana pemuda Islam bersikap agar dicintai Allah dan Rasulnya.
Tidak hanya itu, kita juga tentunya berharap menjadi pemuda yang dicintai masyarakat. Bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan Negara, sebagaimana hadist Rasulullah S. A. W. yang artinya :

 “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain.”
Jadi siapakah kira-kira pemuda yang menjadi pilihan Allah dan mendapatkan perlindungan dan anugerah Allah pada hari kiamat kelak?
Rasulullah S. A. W. pernah menjawab pertanyaan tersebut. Rasullah bersabda “Tujuh golongan pemuda yang akan mendapatkan perlindungan disaat-saat tidak ada perlindungan di hari kiamat nanti kecuali perlindungan Allah yaitu :
Sabda Rosul:
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ : اْلإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Artinya :

“Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah dengan naungan ‘Arsy-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali hanya naungan-Nya semata. Tujuh golongan tersebut yaitu :
  1. Imam (pemimpin) yang adil.
  2. Pemuda yang tumbuh besar dalam beribadah kepada Rabbnya.
  3. Seseorang yang hatinya senantiasa terpaut pada masjid.
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, dimana keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah.
  5. Dan seorang laki-laki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang berkedudukan lagi cantik rupawan, lalu ia mengatakan: “Sungguh aku takut kepada Allah.”
  6. Seseorang yang bershodaqoh lalu merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkan oleh tangan kanannya.
  7. Dan orang yang berdzikir kepada Allah di waktu sunyi, lalu berlinanglah (berjatuhan) air matanya.” 
Hadits shahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, II/143 – Fat-h, dan Muslim, no. 1031.

Ulasan :
  1. IMAM (PEMIMPIN) YANG ADIL.  (PEMUDA YANG JUJUR)
Pemuda yang jujur adalah pemuda yang tidak pasik, tidak suka melanggar larangan Allah, yang bener-benar berjuang untuk kemajuan ummat, juga bertanggung jawab atas kemajuan ummat Fiddunya Wal Akhirat.
Merujuk dari sifat Rasulullah, orang yang paling mulia dan dihormati serta disegani karena kejujurannya. Pada suatu ketika seorang sahabat bertanya pada Siti Aisyah, wahai Aisyah, bagaimana akhlak Rasulullah? Aisyah menjawab : Akhlak RAsulullah adalah Al Qur’an dan salah satu isinya adalah sifat jujur. Demikian pula RAsulullah membawa dagangan seorang janda bernama Khadijah. Karena kejujuran beliau perdagangannya maju pesat. Sampai-sampai Siti Khadijah tertarik padanya, yang pada akhirnya mereka menjadi suami istri.
Jika sifat jujur ini diterapkan oleh setiap pemuda lebih-lebih kepada seluruh umat maka dari sanalah tercipta ketentraman, kedamaian dan keadilan. Allah pun akan meridhoi dan melindunginya.

2.     PEMUDA YANG TEKUN DALAM BERIBADAH PADA ALLAH
Seorang pemuda yang akan mendapatkan pertolongan dan pengampunan dari Allah adalah pemuda yang yang disamping giat belajar memperdalam ilmu pengetahuan dan dan mencerdaskan pikirannya juga tidak lupa beribadah yang tekun pada Allah. Disamping untuk ketenangan dan ketentraman bathin, bahkan ini juga merupakan solusi terbaik untuk dapat pemecahan masalah.

3.   SEORANG PEMUDA YANG HATINYA SELALU TERGANTUNG PADA MESJID.
        Mesjid adalah lambang tempat beribadah seorang muslim pada Allah S. W. T. seorang pemuda yang selalu merindukan, menghargai, dan tergantung pada mesjid inilah yang akan mendapatkan pertolongan dan pengayoman dari Allah. Seorang pemuda yang selalu tergantung pada mesjid akan berusaha memakmurkan mesjid, membantu kepentingan dan kebutuhan mesjid.

4.     DUA PEMUDA YANG BERKASIH SAYANG KARENA ALLAH.
        Dua pemuda yang saling berkasih saying karena Allh, akan memdapatkan pertolongan Allh S. W. T. dua orang saling membantu demikian kebaikan dan kebenaran, saling menasehati, saling mengingatkan, saling berlomba dalam mengerjakan kebaikan. Orang yang demikian inilah orang yang tidak akan dirugikan oleh waktu, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Ashar ayat 2 – 3 yang artinya : ‘Sesungguhnya manusia ini dalam kerugian, kecuali orang beriman dan beramal shaleh dan berwasiat (nasehat-menasehati) dalam kebenaran dan kesabaran”.

5.     SEORANG PEMUDA YANG MENOLAK UNTUK BERZINA.
        Pemuda yang ini benar2 mengetahui batas2 pergaulan sehingga ia menjaga dirinya jangan sampai terjerumus ke lembah kemaksiatan seperti berbuat zinah. Ini merupakan pemuda yang bertaqwa kepada Allah meskipun wanita yang sangat cantik menggodanya dan mengajaknya untuk berbuat zinah. Tetapi karena takut kepada Allh, maka ia tidak menuruti hawa nafsunya. Karena ia yakin dimanapun ia berada dan apapun yang diperbuatnya pasti Allah akan mengetahuinya
Firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 32 yang artinya : “Janganlah kamu mendekati zinah sesungguhnya zinah itu merupakan perbuatan yang keji dan suatu jalan yang amat buruk”.

6.     PEMUDA YANG MENYEMBUNYIKAN SEDEKAH
Banyak orang yang bersedekah, tetapi jarang yang tidak memamerkan sedekahnya itu. Perbuatan memamerkan ini disebut riya. Orang yang mendapat pertolongan Allah nanti adalah orang yang senantiasa bersedekah tetapi tidak mengiringinya dengan riya. Ia melakukannya ikhlas karena Allah bukan karena mengharapkan pujian dari manusia. Ibarat IIa memberikan dengan tangan kanan tetapi tangan kirinya tidak mengetahuinya.

7.     PEMUDA YANG SENANTIASA INGAT KEPADA ALLAH DIWAKTU SUNYI DAN SENYAP SAMPAI IA MENCUCURKAN AIR MATA.
                Pemuda yang hatinya lembut, jika ia ingat kepada Allah, apalagi ingat akan siksaNya yang amat pedih di akhirat nanti, kadang ia mengingat betapa hina dirinya di hadapan Allah, betapa bayak dosa yang telah ia perbuat, apakah ia akan selamat dari siksaNya di kiamat kelak, maka dengan mudah ia mencucurkan air matanya. Pemuda macan inlah yang akan mendapatkan pertolongan Allah kelak di akhirat. Semoga kita termasuk ke dalam golongan pemuda yang akan mendapatkan pertolongan dan naungan Allah di hari kiamat kelak. Amin.

Catatan :
      Golongan lain yang mendapatkan naungan Allah Ta’ala adalah orang yang memberi kelonggaran kepada orang yang kesulitan membayar hutang kepadanya atau memutihkan hutang darinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَنْظَرَ مُعْسِرًا أَوْ وَضَعَ عَنْهُ أَظَلَّهُ اللهُ فِي ظِلِّهِ

“Barangsiapa yang memberi kelonggaran kepada orang yang sedang kesulitan membayar hutang atau memutihkan hutang orang tersebut, niscaya Allah akan menaunginya dalam naungan Arsy-Nya (pada hari Kiamat).”

Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 3006.

-         Semoga Bermanfaat   -

No comments:

Post a Comment