LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
UPTD PUSKESMAS KECAMATAN SINGOJURUH
KABUPATEN BANYUWANGI
RANI
NOVITA SARI
NIS
:1130/748.110
PROGRAM KEAHLIAN
AKUNTANSI BISNIS DAN
MANAJEMEN
SMK NURUT
TAQWA SONGGON
Jl. Rogojampi No.02
Songgon Telp :(0333) 630705 - Banyuwangi
HALAMAN FOTO / GAMBAR
KANTOR UPTD
PUSKESMAS
KECAMATAN SINGOJURUH
KABUPATEN BANYUWANGI
Laporan
Prakerin
SMK
NURUT TAQWA SONGGON
Tahun
Pelajaran 2018/2019
PADA : PKM
SINGOJURUH
TANGGAL : 21 November 2018 – 20 April 2019
Disahkan
Di : SINGOJURUH
Pada
Tanggal : 20
April 2019
Singojuruh,
20 April 2019
Pimpinan Kantor
|
|
SITI AISAH, S.Pd
|
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillah
hirobbil alamin segala puji dan syukur
penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang telah di
limpahkan. Dalam penyusunan Laporan ini
penyusun telah banyak menerima pengarahan dan bimbingan serta bantuan
berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan
rasa terima kasih yang sebesar – besarnya Kepada:
1.
Bpk. Supriyadi
Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes selaku Kepala Puskesmas
2.
Ibu. Puji
Astuti S.E selaku kepala sekolah Smk Nurut Taqwa Songgon
3.
Ibu. Siti Aisah
S,Pd selaku Pembimbing
sekolah
4.
Bpk. Didik Kusworo selaku Pembimbing instansi
5.
Bapak/Ibu Guru SMK Nurut Taqwa Songgon yang telah memberikan ilmu yang
berguna bagi penyusun
6.
Kedua orang tuaku dan Keluarga yang dengan sabar dan penuh kasih sayang
memberikan dorongan moral dan materil
7.
Dan Teman-teman di kelas XI SMK Nurut
Taqwa Songgon ini.
Dalam peyusunan laporan ini, penyusun yakin masih ada kekurangan sehingga
saran dan kritik pembaca sangat kami nantikan guna perbaikan
pembuatan laporan magang berikutnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Singojuruh,
20 April 2019
Penyusun
Rani Novita
Sari
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
............................................................................................. i
HALAMAN FOTO / GAMBAR............................................................................ ii
HALAMAN PENGESAHAN .............................................................................. iii
KATA PENGANTAR .......................................................................................... iv
DAFTAR ISI .........................................................................................................v
IDENTITAS SISWA..............................................................................................vii
IDENTITAS DUNIA USAHA/INDUSTRI LEMBAGA PERUSAHAAN............ viii
IDENTITAS PEMBIMBING INSTANSI............................................................. i x
IDENTITAS PEMBIMBING................................................................................. x
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ................................................................................................1
1.2 Landasan Hukum Prakerin............................................................................... 1
1.3 Pengertian Prakerin...........................................................................................2
1.4 Tujuan Pembuatan Prakerin.............................................................................. 2
1.5 Keuntungan Prakerin........................................................................................ 3
1.6 Komponen Prakerin..........................................................................................3
1.7 Waktu Pelaksanaan Prakerin.............................................................................4
1.8 Pola pelaksanaan Prakerin.................................................................................4
1.9 Laporan Prakerin..............................................................................................4
1.10 Sertifikasi dan Uji Kompetensi..........................................................................4
BAB II GAMBARAN UMUM UPTD Puskesmas Singojuruh
2.1
Sejarah singkat berdirinya UPTD Puskesmas
Singojuruh................................ 5
2.2 Struktur
organisani UPTD Puskesmas Singojuruh............................................ 7
2.3 Gambaran umum UPTD Puskesmas Singojuruh............................................ 8
2.4 Alur
pelayanan UPTD Puskesmas Singojuruh.................................................. 8
BAB III JURNAL HASIL PRAKERIN
3.1 Catatan
Siswa Oleh Guru Pembimbing............................................................ 10
3.2 Rencana
Kegiatan Prakerin............................................................................ 12
3.3 Jurnal
Kegiatan Prakerin................................................................................. 13
3.4
Jurnal Kehadiran............................................................................................. 31
3.5
Rekapitulasi Siswa ......................................................................................... 33
3.6 Lembar Evaluasi Guru Pembimbing ............................................................. 34
3.7 Lembar
Penilaian............................................................................................ 35
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan.................................................................................................... 36
4.2 Saran............................................................................................................. 36
LAMPIRAN-LAMPIRAN
-
Daftar Pustaka
-
Photo copy sertifikat
-
Photo kegiatan
IDENTITAS SISWA
Nama Siswa : RANI NOVITA SARI
Tempat/Tanggal Lahir : Banyuwangi, 07 November 2001
Jenis Kelamim : Perempuan
Golongan Darah : -
Nomor Induk Siswa : 1130/748.110
Alamat Rumah : Dsn. Cermean RT. 01/RW. 01 Ds.Singolatren
Catatan Kesehatan : Sehat
Nama Orang Tua/ Wali : Sujono
Alamat Orang Tua/ Wali : Dsn. Cermean RT. 01/RW. 01
Ds.Singolatren
Kec. Singojuruh
|
Singojuruh, 20 April
2019
RANI NOVITA SARI
IDENTITAS INSTANSI
Nama Instansi : PKM SINGOJURUH
Alamat : Jl. Raya Gendoh - Singojuruh No. 91 Singojuruh
Kab. Banyuwangi
Nomor Telepon/ Faximale : 631747
Nama Pimpinan : Supriyadi Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes
Nama Pembimbing : Didik Kusworo
Singojuruh, 20 April 2019
Pimpinan Instansi
Supriyadi Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes
|
IDENTITAS PEMBIMBING INSTANSI/DUDI
Nama : Didik Kusworo
Tempat/Tanggal Lahir : Banyuwangi, 14 November 1976
Jabatan : KA.TU
Alamat Rumah : Dsn. Krajan
Wetan RT.02 RW .07
Ds. Temuguruh Kec. Sempu
Singojuruh, 20 April 2019
Pembimbing Instansi
DIDIK KUSWORO
IDENTITAS GURU
PEMBIMBING
Nama
siswa : Siti Aisah, S.Pd
Tempat
/ tanggal lahir :
Banyuwangi,19 Oktober
1975
Jabatan :
Guru
Alamat
Rumah : Dsn.Wonorekso Ds.Alasmalang Kec.Singojuruh
Nomor
Telepon/HP : 082334660446
Singojuruh,
20 April 2019
Guru
Pembimbing
SITI AISAH, S.Pd
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Tanggung jawab pendidikan tidak semata-mata tanggung
jawab sekolah melainkan tanggung jawab bersama baik pemerintah, sekolah, orang tua, dan
masyarakat termasuk dunia usaha dan industri.
Salah satu perubahan penting dan mendasar dalam sistem pendidikan
kejuruan adalah di terapkannya
Pendidikan Sistem Ganda (PSG). PSG adalah
sistem pendidikan dimana proses pendidikan terjadi di dua tempat yaitu di sekolah
dan di Dunia Usaha/ Dunia Industri (DUDI).
Sebagai implikasi dari perubahan tersebut SMK Nurut Taqwa dituntut menjalin kerja sama
dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI), untuk
bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan.
Jalinan kerja sama SMK Nurut Taqwa dengan dunia usaha / dunia industri yaitu
diwujudkannya prakerin yang merupakan salah satu kegiatan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
Oleh sebab itu, keberadaan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DUDI)
sangat menentukan
keberhasilan pelaksanaan Pendidikan System Ganda pada SMK Nurut Taqwa.
1.2 Landasan hukum prakerin
1.
Undang-undang
no 20 tahun 2003, tentang sistem
pendidikan nasional.
Pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan
yang diperlukan.
2.
Kepmen pendidikan dan kebudayaan no.323/u/1997, tentang penyelenggar-
aan prakerin
SMK.
3.
Peraturan Pemerintah No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan
Menengah yang antara
lain :
a.
Penyelenggaraan sekolah
menengah dapat bekerja
sama dengan masyarakat
terutama dunia usaha / industri dan
para dermawan untuk
memperoleh sumber daya
dalam rangka menunjang
penyelenggaraan dan pengembangan
pendidikan.
b.
Pada sekolah
menengah dapat dilakukan
uji coba gagasan
baru yang diperlukan
dalam rangka pengembangan
pendidikan menengah.
4.
Kemendikbud
No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a.
Menggunakan unit
produksi sekolah beroperasi
secara professional sebagai
wahana pelatihan kejuruan.
b.
Melaksanakan sebagai
kelompok mata pelajaran
kejuruan di sekolah,
dan sebagian lainnya di
dunia usaha dan industri.
c.
Melaksanakan kelompok
mata pelajaran keahlian
kejuruan sepenuhnya di
masyarakat dunia usaha
dan industri.
1.3 Pengertian
Prakerin
Pendidikan System Ganda (PSG) merupakan suatu bentuk penyelenggaraan
pendidikan keahlian profesional, yang memadukan secara sistematik dan sinkron
pendidikan di sekolah dan pelatihan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui
kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia industri atau di dunia usaha
yang terarah untuk mancapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Jadi dapat di simpulkan bahwa PSG merupakan
pemaduan antara pembelajaran siswa di
sekolah dengan dunia industri/dunia usaha. Sedangkan kegiatan siswa di dalam
dunia industri/dunia usaha di kenal dengan istilah Praktek Kerja Industri (
PRAKERIN ).
Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bagian dari
Pendidikan System Ganda.
1.4 Tujuan
Pembuatan Laporan Prakerin
Untuk mengetahui hasil prakerin siswa di DUDI maka dibuatlah sebuah
Laporan yang mencakup kegiatan siswa selama prakerin di
dunia usaha/dunia industri, yang bertujuan untuk :
a.
Sebagai bahan evaluasi hasil prakerin selama di DUDI yang kemudian diuji di
sekolah.
b.
Sebagai referensi dalam melakukan evaluasi agar pelaksanaan prakerin
ke depan lebih baik dari tahun sebelumnya.
c.
Mengetahui kegiatan dan cara kerja DUDI yang telah ditempati selama prakerin.
d.
Mengetahui kedisplinan dan keaktifan siswa dalam mengikuti prakerin.
e.
Melatih
siswa agar bisa berfikir dan mengetahui kegiatannya selama prakerin
1.5 Keuntungan
Prakerin
Untuk kelancaran pelaksanaan prakerin,
pihak sekolah menjalin hubungan kerja sama dengan
dunia usaha/industri/instansi yang dilaksanakan dengan prinsip saling membantu,
saling mengisi, dan saling melengkapi untuk kepentingan bersama. Dengan prinsip
tersebut pelaksanaan prakerin
pihak sekolah maupun pihak
industri/usaha/instansi akan sama–sama memiliki keuntungan.
Keuntungan bagi pihak industri/sekolah/siswa :
1)
Dapat mengetahui kualitas siswa
dalam melaksanakan prakerin.
2)
Perusahaan/industri akan merasa terbantu dengan adanya peserta didik yang
sedang melaksanakan prakerin di perusahaanya.
3)
Perusahan dapat memberi tugas kepada peserta prakerin
demi kepentingan perusahaan.
4)
Perusahaan dapat berbagi ilmu dan memberikan arahan untuk mencari ilmu.
5)
Menimbulkan hubungan yang baik dengan industri.
6)
Melatih siswa agar lebih mengenal dunia kerja/usaha.
1.6 Komponen
Prakerin
Adapun komponen prakerin sebagai berikut:
a.
Institusi pasangan baik
kantor/lembaga lainnya
b.
Pembimbing sekolah yang
bekerja berdasarkan pedoman yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
c.
Pembimbing industri sebagai
pengiring yang secara khusus diberi tugas oleh institusi tempat prakerin
d.
Peserta berasal dari
keseluruhan siswa yang mengikuti program prakerin jurusan Akuntansi
e.
Program pendidikan dan
pelatihan bersama,berisi materi yang harus dipelajari siswa baik ketika belajar
di sekolah maupun ketika belajar melalui bekerja secara langsung di institusi
pasangan.
1.7 Waktu
Pelaksanaan Prakerin
Surat edaran Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan No.
4557 / C.4 / 94 dijelaskan bahwa lamanya pelatihan di institusi pasangan
adalah minimal 3 (tiga) bulan , dan SMK
Nurut Taqwa memulai kegiatan prakerin mulai tanggal 15
Januari 2018 sampai 16 April 2018.
1.8 Pola
Pelaksanaan
Penyelenggaraan prakerin dilaksanakan dengan cara Block Release ( Berdasarkan Program
Keahlian ) yang dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan
melanjutkan program – program yang telah diselenggarakan oleh peserta Diklat
sebelumnya. Dengan demikian akan timbul kesinambungan
program Sekolah dan Dunia Usaha / Dunia Industri dimasa yang akan datang
sehingga program sekolah dalam mengadakan SINKRONISASI kurikulum dengan Dunia
Usaha / Dunia Industri (DU/DI) bisa terwujud.
1.9 Laporan
Prakerin
Laporan
prakerin ini bertujuan sebagai bahan evaluasi hasil prakerin selama dilapangan
yang kemudian akan diuji di Sekolah, selain itu sebagai referensi dalam
melakukan evaluasi agar pelaksanaan prakerin kedepan lebih baik dari tahun
sebelumnya.
1.10 Sertifikasi
Dan Uji Kompetensi
Sertifikat
diberikan kepada siswa sebagai keterangan bahwa siswa pernah melakukan
prakerin, yang nilainya didapat dari pantauan selama dilapangan yang dilakukan
oleh pihak Dudi dan dari sekolah yang bersifat ujian laporan tentang penguasaan
materi selama praktek dilapangan. Sedang
bagi siswa yang tidak memenuhi kualifikasi baik dalam absensi dan penguasaan
materi, maka siswa harus mengulang pelaksanaan prakerin sampai
dipandang layak untuk mendapatkan sertifikat pelaksanaan prakerin.
BAB II
GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN/DUDI
2.1
Sejarah singkat UPTD Puskesmas Singojuruh
PUSKSMAS SINGOJURUH
Di
kabupaten Banyuwangi ini terdiri dari beberapa kecamatan salah satunya yaitu
kecamatan Singojuruh.
Di
dalam satu kecamatan ini terdiri dari beberapa desa, antara lain yaitu di
Kecamatan Singojuruh ini terdiri dari 11 desa:
- Desa Padang
- Desa Cantuk
- Desa Singolatren
- Desa Sumberbaru
- Desa Benelan Kidul
- Desa Gumirih
- Desa Alasmalang
- Desa Gambor
- Desa Kemiri
- Desa Lemahbang Kulon
- Desa Singojuruh
Kabupaten
Banyuwangi memiliki 15 rumah sakit dan 22 puskesmas. Puskesmas Singojuruh
adalah salah satu 22 puskesmas Letak Geografis puskesmas
ini bertepatan di sebelah timur kantor Kepolisian Singojuruh. Di
sebelah barat Kantor Kecamatan Singojuruh dan bareda di sebelah kanan dengan
alamat jalan Singojuruh-Gendoh No:91.
Pada
awal berdirinya Puskesmas Singojuruh sekitar tahun 1974, yang
hanya berupa Balai Pengobatan/BP yang berlokasi di Dusun Juruh Desa Singojuruh
Kecamatan Singojuruh,Kabupaten Banyuwangi. Dengan
fasilitas dan peralatan sederhana serta prasarana yang juga terbatas.
Pada waktu itu ada seorang dokter yang bernama
Dr.Satrio dan salah satu keluarga beliau ada yang sakit dan dibawa ke balai
pengobatan itu. Dan karena peristiwa itu
beliau menghibahkan tanahnya untuk membangun sebuah Puskesmas dengan tujuan
supaya jika ada masyarakat yang sakit bisa memperoleh pelayanan
kesehatan. Pada saat
itu Puskesmas Singojuruh masih belum mempunyai ruang rawat inap dan hanya
membuka sebuah pengobatan untuk melayani
masyarakat dengan pelayanan rawat jalan.
Pada
tahun 2004 pemerintah meningkatkan pendekatan pelayanan kesehatan
masyarakat dengan membangun Puskesmas
Singojuruh menjadi sebuah Puskesnas rawat inap dengan luas bangunan kurang
lebih 600 m3. Yang di lengkapi pula dengan fasilitas dan peralatan yang
menunjang termasuk pula karyawan Sunber Daya Manusia (SDM).
Dengan Visi Dan Misi Puskesmas Singojuruh.
Ø Visi :
Mewujudkan
masyarakat yang mandiri dan hidup sehat
Ø Misi :
1. Meningkatkan derajat kesehatan melalui
penberdayaan masyarakat
2. Meningkatkan kemandirian masyarakat untuk sehat dengan
mengutamakan upaya preventif
dan promotif.
3. Meningkatkan keahlian dan keterampilan SDM petugas sehingga dapat Memberikan playanan
ramah,cepat dan bermutu.
4. Melindungi kesehatan masyrakat dengan layanan paripurna dan
bermutu Puskesmas Singojuruh.
5. Mengoptimalkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana Puskesmas sehingga
dapat memberikan pelayanan yang merata dan terjangkau di wilayah Puskesmas Sigojuruh.
6. Meningkatkan managemen Puskesmas yang akan table dan transparan.
2.3 Gambaran Umum UPTD Puskesmas Singojuruh
Ø Karyawan Puskesmas Singojuruh terdiri dari:
- Dokter Umum
- Dokter Gigi
- Tenaga Paramedis Perawat
- Tenaga Bidan
- Tenaga Fungsional
·
Sanitarian
·
Epidermiologi
·
Promosi Kesehatan
·
Penyuluh KB
- Tenaga Administrasi
2.4
Alur
Layanan UPTD Puskesmas Singojuruh
v Jenis Pelayanan di Puskesmas Singojuruh berupa:
1.
BP Umum
·
Pelayanan untuk konseling
masyarakat yang sedang sakit
2.
Apotik
·
Berupa pelayanan yang
memberikan obat kepada masyarakat yang sudah Selesai melakukan pengobatan.
3.
IMS
·
Pelayanan bagi masyarakat
yang terkena HIV,TBC,dan,DBD.
4.
KIA
·
Pelayanan yang melayani
Imunisasi bayi, supaya tidak mengalami Penyakit yang tidak di inginkan.
5.
LAB/Radiologi
·
Pelayanan bagi masyarakat
yang ingin menguji dirinya/Tes kehamilan.
6.
Poli Gigi
·
Pelayanan yang di gunakan
bagi masyarakat yang ingin mencabut giginya dan lainya yang bersangkutan dengan
gigi.
7.
Persalinan
·
Berupa pelayanan bagi
masyarakat yang ingin melahirkan dan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.
8.
UGD
·
Berupa pelayanan yang
melayani masyarakat dalam keadaan darurat.
·
Contohnya:Ada kecelakaan, maka di
Unit Gawat Darurat ini akan di bersihakan semua luka-lukanya dan langsung
ditangani.
9.
Pelayanan KB
·
Berupa pelayanan yang melayani masyarakat untuk melakukan konseling
KB (Keluarga Berencana ).
10. Rawat Inap
·
Berupa pelayanan yang
melayani masyarakat yang sedang sakit dalam keadaan yang harus mendapatkan
perawatan lagi oleh dokter.
v Disamping itu ada juga kegiatan pelayanan berupa Puskemas Pembantu
atau Pustu terdiri dari :
a.
Pustu Cantuk
·
Yang berada di Desa Cantuk.
b.
Pustu Kemiri
·
Yang bareda di Desa Kemiri.
c.
Pustu Singolatren
·
Yang barada di Desa
Singolatren
d.
Pustu Lemahbang
·
Yang berada di Desa
Lemahbang
e.
Pustu Wijenan.
·
Yang berada di Desa Wijenan.
f.
Pustu Gambor
·
Yang berada di Desa Gambor.
v Ada juga sebuah pelayanan Polindes yang berada di daerah:
1.
Benelan
Kidul
2.
Alasmalang
3.
Padang
4.
Gumirih
Di
dalam Puskesmas ini juga tersedia kantin yang melengkapi semua keperluan
masyarakat. Jadi begitu lengkap pelayanan di Puskesmas Singojuruh.
JURNAL HASIL PRAKERIN
3.1
CATATAN
SISWA OLEH GURU PEMBIMBING
NO
|
DAFTAR
KUNJUNGAN
|
CATATAN
HASIL KUNJUNGAN
|
TANDA
TANGAN PEMBIMBING SEKOLAH
|
1.
|
Hari : Sabtu
Tanggal : 29 Des 2018
Jam : 08.22 Wib
Tujuan : Monitoring
Bertemu
Dengan : Pak Didik
Jabatan : Kepala Tu
|
Siti Aisah
|
|
2
|
Hari : Senin
Tanggal : 07 Jan 2019
Jam : 14.00 Wib
Tujuan : Bimbingan
Bertemu
Dengan : Bu Aisah
Jabatan : Gr. Pembimbing
|
Siti Aisah
|
|
3
|
Hari : Kamis
Tanggal : 17 Jan 2019
Jam : 13.32 Wib
Tujuan : Bimbingan
Bertemu
Dengan : Bu Aisah
Jabatan : Gr. Pembimbing
|
Siti
Aisah
|
|
4
|
Hari : Selasa
Tanggal : 12 Feb 2019
Jam : 10.00 Wib
Tujuan : Monitoring
Bertemu
Dengan : Pak Didik
Jabatan : Kepala Tu
|
Siti Aisah
|
|
5
|
Hari : Sabtu
Tanggal : 16 Feb 2019
Jam : 13.30 Wib
Tujuan : Bimbingan
Bertemu
Dengan : Bu Aisah
Jabatan : Gr. Pembimbing
|
Siti Aisah
|
NO
|
DAFTAR KUNJUNGAN
|
CATATAN HASIL KUNJUNGAN
|
TANDA TANGAN PEMBIMBING
SEKOLAH
|
6.
|
Hari : Sabtu
Tanggal : 23 Feb 2019
Jam : 12.22 Wib
Tujuan : Bimbingan
Bertemu
Dengan : Bu Aisah
Jabatan : Gr. Pembimbing
|
Siti Aisah
|
|
7.
|
Hari : Selasa
Tanggal : 19 Mar 2019
Jam : 13.00 Wib
Tujuan : Bimbingan
Bertemu
Dengan : Bu Aisah
Jabatan : Gr. Pembimbing
|
Siti Aisah
|
|
8.
|
Hari :
Tanggal :
Jam :
Tujuan :
Bertemu
Dengan :
Jabatan :
|
Siti Aisah
|
|
9.
|
Hari :
Tanggal :
Jam :
Tujuan :
Bertemu
Dengan :
Jabatan :
|
Siti Aisah
|
|
10.
|
Hari :
Tanggal :
Jam :
Tujuan :
Bertemu
Dengan :
Jabatan :
|
Siti Aisah
|
3.2 RENCANA KEGIATAN PRAKERIN
NO
|
DIVISI
|
PROGRAM
PELATIHAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1.
|
Sie Loket
|
· Mendaftar
pasien dikomputer(simpus)
· Mengentri
P-Care BPJS
· Menulis
SKD(surat keterangan dokter)
· Mendata
CATIN(Calon Pengantin)
· Memasukkan
RM pasien
· Mengantar
Rekam Medis pasien
· Mencatat
di buku register pasien
· Mengambil
Rekam Medis Pasien
· Menyiapkan
peralatan loket
|
22 November -22
Desember 2018
|
2.
|
Sie Farmasi
|
· Memuyer
obat
· Memberi
etiket pada obat
· Mengambil
obat sesuai resep
· Melidi
pengeluaran obat
|
24 Desember 2018-24
Januari 2019
|
3.
|
Sie BP
|
· Menimbang
berat badan pasien
· Mengukur
tinggi badan pasien
· Mencatat
di data pasien
· Ngentri
data pasien
|
25 Januari – 25
Febuari 2019
|
4.
|
Sie Poli Gigi
|
· Memanggil
pasien
· Menyiapkan
alat-alat dan bahan-bahan
· Mencuci
alat yang sudah digunakan
· Mencatat
dibuku register Poli Gigi
|
26 Febuari – 26 Maret
2019
|
5.
|
Sie Posbindu
|
· Mengantar
Rekam Medis
· Melengkapi
kelengkapan RM
· Menulis
Diagnosa Thypoid,Telinga, dan Mata dibuku diary
· Menulis
pasien sehat dibuku register PTM(Penyakit Tidak Menular)
|
27 Maret – 20 April
2019
|
Singojuruh,
20 April 2019
Pembimbing Instansi/DUDI Pembimbing
(Didik Kusworo) (Siti
Aisah S.Pd)
3.4
JURNAL KEHADIRAN
DAFTAR
HADIR PESERTA PRAKERIN
Nama :
Rani NovitaSari
|
NIS : 1130/748.110
|
Kelas :
XI Akuntasi 3
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|||||||||||
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Keterangan
: Kolom daftar hadir peserta
Prakerin harus diisi paraf oleh Pembimbing DUDI/yang ditunjuk Kepala
Lembaga/Instansi
DAFTAR
HADIR PESERTA PRAKERIN
Nama :
Rani NovitaSari
|
NIS :
1130/748.110
|
Kelas :
XI Akuntasi 3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||||||||||||
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|||
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
BULAN
|
TANGGAL
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|||
PARAF
PEMBIMBING DUDI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Keterangan
: Kolom daftar hadir peserta
Prakerin harus diisi paraf oleh Pembimbing DUDI/yang ditunjuk Kepala
Lembaga/Instans
3.5
REKAPITULASI SISWA
REKAPITULASI KEHADIRAN SISWA
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
TAHUN 2018/2019
Nama Siswa : Rani Novita Sari
Nomor Induk : 1130/748.110
Program keahlian :
Akuntansi
Lama Prakerin : 5 (Lima) bulan
: 21 November 2018 - 20 April 2019
NO
|
URAIAN
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
HADIR
|
177
|
-
|
2.
|
SAKIT
|
1
|
-
|
3.
|
IZIN TERTULIS
|
-
|
-
|
4.
|
TANPA IZIN
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
178
|
-
|
Catatan Pembimbing DU/DI :
Singojuruh, 20 April 2019
DIDIK KUSWORO
3.6 LEMBAR EVALUASI
GURU PEMBIMBING
SMK NURUT TAQWA SONGGON
PRAKTEK KERRJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN AJARAN 2018/2019
Nama
Guru Pembimbing : SITI AISAH
Nomor Induk Pegawai : -
Jabatan :
GURU PEMBIMBING
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
||
1.
|
-
Guru
pembimbing melakukan koordinator proses pengantar peserta PRAKERIN di tempat
DUDI yang telah ditentukan
|
YA
|
-
|
-
|
2,
|
-
Guru
pembimbing memberikan arahan kepada peserta PRAKERIN di awal masuk di tempat
DUDI yang telah ditentukan
|
YA
|
-
|
-
|
3.
|
-
Guru
pembimbing selalu melaksanakan monitoring dengan tertib dan tepat waktu
sesuai jadwal
|
YA
|
-
|
-
|
4.
|
-
Guru
pembimbing mampu memberikan solusi beserta saran ketika peserta PRAKERIN
menemui suatu kesulitan disaat pelaksanaan PRAKERIN
|
YA
|
-
|
-
|
5.
|
-
Guru
pembimbing melaksanakan penjemputan terhadap peserta PRAKERIN di DUDI yang
telah ditentukan pada waktu kegiatan PRAKERIN berakhit dengan baik
|
YA
|
-
|
-
|
6.
|
-
Guru
pembimbing selalu melaksanakan proses pembimbingan pembuatan dan penyelesaian
laporan oleh peserta PRAKERIN dengan baik
|
YA
|
-
|
-
|
3.7 Lembar Penilaian
BAB IV
PENUTUP
Ucapan
syukur kami panjatkan kepada ALLAH SWT, karena dengan RidhoNya kami dapat
menyelesaikan tugas untuk membuat laporan PSG ini, dan juga kepada Bapak dan
seluruh Staf UPTD Puskesmas Songgon, kami mengucapkan banyak terimakasih,
karena sudah memberi kami bimbingan dan pelajaran yang belum tentu kami dapat
di sekolah.
Apabila
selama kami melakukan praktek kerja di UPTD Puskesmas Singojuruh terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak
disengaja kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
4.1 Kesimpulan
Dari
laporanhasil PSG diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak selamanya dalam
dunia kerja harus sama sesuai dengan teori yang ada di sekolah.Dalam
menyelesaikan pekerjaan, kita tidak bisa bekerja sendiri tetapi memerlukan
kerja sama dengan rekan kerja. Jangan malu bertanya jika dalam suatu persoalan
menemui kesulitan.
4.2
Saran
a.
Peran kerja sama antar
anggota kelompok sangat dibutuhkan dalam pembuatan laporan, maka dalam setiap
pembuatan laporan harus benar-benar memperhatikan kualitas kerja antar anggota
kelompok.
b.
Untuk hasil laporan yang maksimal
sebaiknya lebih ditingkatkan persiapan
dalam hal managemen waktu.
c.
Dengan adanya laporan
prakerin ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dan referensi untuk
meningkatkan kualitas SMK Nurut Taqwa agar PSG tahun berikutnya menjadi lebih
baik
No comments:
Post a Comment