Pages

MOTO

Primanet Cangkring, Ikut Berpartisipasi dalam Dunia Pendidikan

Saturday 27 April 2019

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI UPTD PUSKESMAS KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
UPTD PUSKESMAS KECAMATAN SINGOJURUH
KABUPATEN BANYUWANGI



DISUSUN OLEH:
RANI NOVITA SARI
NIS :1130/748.110



PROGRAM KEAHLIAN
AKUNTANSI BISNIS DAN MANAJEMEN


SMK NURUT TAQWA SONGGON
Jl. Rogojampi No.02 Songgon Telp :(0333) 630705 - Banyuwangi

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HALAMAN FOTO / GAMBAR

KANTOR UPTD
PUSKESMAS KECAMATAN SINGOJURUH
KABUPATEN BANYUWANGI






HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Prakerin
SMK NURUT TAQWA SONGGON
Tahun Pelajaran 2018/2019

PADA          :    PKM SINGOJURUH
TANGGAL  :    21 November 2018 – 20 April 2019

Disahkan Di        : SINGOJURUH
Pada Tanggal      : 20 April 2019

                                                                        Singojuruh, 20 April 2019
Pimpinan Kantor



SUPRIYADIBINTORO,S.Kep.Ners.M.kes
Pembimbing Instansi



DIDIK KUSWORO
Kepala SMK
Nurut Taqwa Songgon



PUJI ASTUTI, S.E
Pembimbing Prakerin




SITI AISAH, S.Pd



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah hirobbil alamin segala puji  dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang telah di limpahkan. Dalam penyusunan Laporan ini  penyusun telah banyak menerima pengarahan dan bimbingan serta bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar – besarnya Kepada:
1.      Bpk. Supriyadi Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes selaku Kepala Puskesmas
2.      Ibu. Puji Astuti S.E selaku kepala sekolah Smk Nurut Taqwa Songgon
3.      Ibu. Siti Aisah S,Pd selaku Pembimbing sekolah
4.      Bpk. Didik Kusworo selaku Pembimbing instansi
5.      Bapak/Ibu Guru SMK Nurut Taqwa Songgon yang telah memberikan ilmu yang berguna bagi penyusun
6.      Kedua orang tuaku dan Keluarga yang dengan sabar dan penuh kasih sayang memberikan dorongan moral dan materil
7.      Dan Teman-teman  di kelas XI SMK Nurut Taqwa Songgon ini.
Dalam peyusunan laporan ini, penyusun yakin masih ada kekurangan sehingga saran  dan kritik  pembaca sangat kami nantikan guna perbaikan pembuatan laporan magang berikutnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Singojuruh, 20 April 2019
Penyusun

                             Rani Novita Sari






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  ............................................................................................. i
HALAMAN FOTO / GAMBAR............................................................................ ii
HALAMAN PENGESAHAN  .............................................................................. iii
KATA PENGANTAR  .......................................................................................... iv
DAFTAR ISI  .........................................................................................................v
IDENTITAS SISWA..............................................................................................vii
IDENTITAS DUNIA USAHA/INDUSTRI LEMBAGA PERUSAHAAN............ viii
IDENTITAS PEMBIMBING INSTANSI............................................................. i x
IDENTITAS PEMBIMBING................................................................................. x

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang ................................................................................................1
1.2     Landasan Hukum Prakerin............................................................................... 1
1.3     Pengertian Prakerin...........................................................................................2
1.4     Tujuan Pembuatan Prakerin.............................................................................. 2
1.5     Keuntungan Prakerin........................................................................................ 3
1.6     Komponen Prakerin..........................................................................................3
1.7     Waktu Pelaksanaan Prakerin.............................................................................4
1.8     Pola pelaksanaan Prakerin.................................................................................4
1.9     Laporan Prakerin..............................................................................................4
1.10   Sertifikasi dan Uji Kompetensi..........................................................................4

BAB II   GAMBARAN UMUM UPTD Puskesmas Singojuruh
2.1    Sejarah singkat berdirinya  UPTD Puskesmas Singojuruh................................ 5
2.2    Struktur organisani UPTD Puskesmas Singojuruh............................................ 7
2.3    Gambaran umum UPTD Puskesmas Singojuruh............................................    8
2.4    Alur pelayanan UPTD Puskesmas Singojuruh.................................................. 8

BAB III JURNAL HASIL PRAKERIN
3.1   Catatan Siswa Oleh Guru Pembimbing............................................................ 10
3.2   Rencana Kegiatan  Prakerin............................................................................ 12
3.3   Jurnal Kegiatan Prakerin................................................................................. 13
3.4   Jurnal Kehadiran............................................................................................. 31
3.5   Rekapitulasi Siswa ......................................................................................... 33
3.6   Lembar  Evaluasi  Guru  Pembimbing ............................................................. 34
3.7   Lembar Penilaian............................................................................................ 35

BAB IV  PENUTUP
4.1   Kesimpulan.................................................................................................... 36
4.2   Saran............................................................................................................. 36

LAMPIRAN-LAMPIRAN
-        Daftar Pustaka
-        Photo copy sertifikat
-        Photo kegiatan


















IDENTITAS SISWA


Nama Siswa                              : RANI NOVITA SARI
Tempat/Tanggal Lahir              : Banyuwangi, 07 November 2001
Jenis Kelamim                          : Perempuan
Golongan Darah                       : -
Nomor Induk Siswa                 : 1130/748.110
Alamat Rumah                         : Dsn. Cermean RT. 01/RW. 01 Ds.Singolatren
                                                    Kec.Singojuruh                      
Catatan Kesehatan                   : Sehat
Nama Orang Tua/ Wali             : Sujono
Alamat Orang Tua/ Wali          : Dsn. Cermean RT. 01/RW. 01 Ds.Singolatren
                                                    Kec. Singojuruh                              



FOTO 3 X 4
 
 
                                                 Singojuruh, 20 April 2019
                   
                   

                                                       RANI NOVITA SARI  












IDENTITAS INSTANSI


Nama Instansi                       : PKM SINGOJURUH            
Alamat                                  : Jl. Raya Gendoh - Singojuruh No. 91 Singojuruh
                                                Kab. Banyuwangi                               
Nomor Telepon/ Faximale    : 631747
Nama Pimpinan                    : Supriyadi Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes 
Nama Pembimbing               :  Didik Kusworo          


                                                                                    Singojuruh, 20 April 2019

Pimpinan  Instansi



Supriyadi Bintoro,S.Kep.Ners.M.kes


                                                                                    

                                                                                                             











IDENTITAS PEMBIMBING INSTANSI/DUDI


Nama                                             : Didik Kusworo
Tempat/Tanggal Lahir                   : Banyuwangi, 14 November 1976
Jabatan                                          : KA.TU
Alamat Rumah                              : Dsn. Krajan Wetan  RT.02  RW .07
                                                        Ds. Temuguruh  Kec. Sempu



                                                                                    Singojuruh, 20 April 2019
                                                                                      Pembimbing Instansi


                                                                                       DIDIK KUSWORO
                                                                                                                                                                       











IDENTITAS GURU PEMBIMBING

Nama siswa                             : Siti Aisah, S.Pd
Tempat / tanggal lahir             : Banyuwangi,19 Oktober 1975
Jabatan                                                : Guru
Alamat Rumah                        : Dsn.Wonorekso Ds.Alasmalang Kec.Singojuruh
Nomor Telepon/HP                 : 082334660446




Singojuruh, 20 April 2019
Guru Pembimbing



SITI AISAH, S.Pd
                                                                                                                  



                                                                                   
                                                                                   



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Tanggung jawab pendidikan tidak semata-mata tanggung jawab sekolah melainkan tanggung jawab bersama baik pemerintah, sekolah, orang tua, dan masyarakat termasuk dunia usaha dan industri.
Salah satu perubahan penting dan mendasar dalam sistem pendidikan kejuruan adalah di terapkannya Pendidikan Sistem Ganda (PSG). PSG adalah sistem pendidikan dimana proses pendidikan terjadi di dua tempat yaitu di sekolah dan di Dunia Usaha/ Dunia Industri (DUDI).
Sebagai implikasi dari perubahan tersebut SMK Nurut Taqwa dituntut menjalin kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI), untuk bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan. Jalinan kerja sama SMK Nurut Taqwa dengan dunia usaha / dunia industri yaitu diwujudkannya prakerin yang merupakan salah satu kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
Oleh sebab itu, keberadaan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DUDI) sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan Pendidikan System Ganda pada SMK Nurut Taqwa.

1.2    Landasan hukum prakerin
1.    Undang-undang no 20 tahun 2003, tentang sistem  pendidikan  nasional. Pendidikan  adalah  usaha  sadar  dan  terencana  untuk  mewujudkan  suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta didik  secara  aktif  mengembangkan  potensi  dirinya  untuk  memiliki  kekuatan  spiritual  keagamaan,  pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  yang  diperlukan.
2.    Kepmen pendidikan dan kebudayaan no.323/u/1997, tentang penyelenggar-
aan  prakerin  SMK.
3.    Peraturan  Pemerintah No.29 tahun 1990 tentang  Pendidikan  Menengah  yang  antara  lain :
a.       Penyelenggaraan  sekolah  menengah  dapat  bekerja  sama  dengan  masyarakat  terutama  dunia  usaha / industri  dan  para  dermawan  untuk  memperoleh   sumber  daya  dalam  rangka  menunjang  penyelenggaraan  dan  pengembangan  pendidikan.
b.      Pada  sekolah  menengah  dapat  dilakukan  uji  coba  gagasan  baru  yang  diperlukan  dalam  rangka  pengembangan  pendidikan  menengah.
4.      Kemendikbud No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a.       Menggunakan  unit  produksi  sekolah  beroperasi  secara  professional  sebagai  wahana  pelatihan  kejuruan.
b.      Melaksanakan  sebagai  kelompok  mata  pelajaran  kejuruan  di  sekolah,  dan  sebagian lainnya  di  dunia  usaha  dan industri.
c.       Melaksanakan  kelompok  mata  pelajaran  keahlian  kejuruan  sepenuhnya  di  masyarakat  dunia  usaha  dan  industri.

1.3    Pengertian Prakerin
Pendidikan System Ganda (PSG) merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional, yang memadukan secara sistematik dan sinkron pendidikan di sekolah dan pelatihan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia industri atau di dunia usaha yang terarah untuk mancapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Jadi dapat di simpulkan bahwa PSG merupakan pemaduan antara pembelajaran siswa  di sekolah dengan dunia industri/dunia usaha. Sedangkan kegiatan siswa di dalam dunia industri/dunia usaha di kenal dengan istilah Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ).
Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bagian dari Pendidikan System Ganda.

1.4    Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin
Untuk mengetahui hasil prakerin siswa di DUDI maka dibuatlah sebuah Laporan yang mencakup kegiatan siswa selama prakerin di dunia usaha/dunia industri, yang bertujuan untuk :
a.         Sebagai bahan evaluasi hasil prakerin selama di DUDI yang kemudian diuji di sekolah.
b.        Sebagai referensi dalam melakukan evaluasi agar pelaksanaan prakerin ke depan lebih baik dari tahun sebelumnya.
c.         Mengetahui kegiatan dan cara kerja DUDI yang telah ditempati selama prakerin.
d.        Mengetahui kedisplinan dan keaktifan siswa dalam mengikuti prakerin.
e.         Melatih siswa agar bisa berfikir dan mengetahui kegiatannya selama prakerin

1.5    Keuntungan Prakerin
Untuk kelancaran pelaksanaan prakerin, pihak sekolah menjalin hubungan kerja sama dengan dunia usaha/industri/instansi yang dilaksanakan dengan prinsip saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk kepentingan bersama. Dengan prinsip tersebut  pelaksanaan prakerin pihak sekolah maupun pihak industri/usaha/instansi akan sama–sama memiliki keuntungan.
Keuntungan bagi pihak industri/sekolah/siswa :
1)      Dapat mengetahui kualitas  siswa dalam melaksanakan prakerin.
2)      Perusahaan/industri akan merasa terbantu dengan adanya peserta didik yang sedang melaksanakan prakerin di perusahaanya.
3)      Perusahan dapat memberi tugas kepada peserta prakerin demi kepentingan perusahaan.
4)      Perusahaan dapat berbagi ilmu dan memberikan arahan  untuk mencari ilmu.
5)      Menimbulkan hubungan yang baik dengan industri.
6)      Melatih siswa agar lebih mengenal dunia kerja/usaha.

1.6    Komponen Prakerin
Adapun komponen prakerin sebagai berikut:
a.         Institusi pasangan baik kantor/lembaga lainnya
b.        Pembimbing sekolah yang bekerja berdasarkan pedoman yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
c.         Pembimbing industri sebagai pengiring yang secara khusus diberi tugas oleh institusi tempat prakerin
d.        Peserta berasal dari keseluruhan siswa yang mengikuti program prakerin jurusan Akuntansi
e.         Program pendidikan dan pelatihan bersama,berisi materi yang harus dipelajari siswa baik ketika belajar di sekolah maupun ketika belajar melalui bekerja secara langsung di institusi pasangan.
                                                      
1.7    Waktu Pelaksanaan Prakerin
Surat edaran Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan No. 4557 / C.4 / 94 dijelaskan bahwa lamanya pelatihan di institusi pasangan adalah minimal 3 (tiga) bulan , dan SMK Nurut Taqwa memulai kegiatan prakerin mulai tanggal 15 Januari 2018 sampai 16 April 2018.

1.8    Pola Pelaksanaan
Penyelenggaraan prakerin dilaksanakan dengan cara Block Release ( Berdasarkan Program Keahlian ) yang dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan melanjutkan program – program yang telah diselenggarakan oleh peserta Diklat sebelumnya. Dengan demikian akan timbul kesinambungan program Sekolah dan Dunia Usaha / Dunia Industri dimasa yang akan datang sehingga program sekolah dalam mengadakan SINKRONISASI kurikulum dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) bisa terwujud.
                                        
1.9    Laporan Prakerin
Laporan prakerin ini bertujuan sebagai bahan evaluasi hasil prakerin selama dilapangan yang kemudian akan diuji di Sekolah, selain itu sebagai referensi dalam melakukan evaluasi agar pelaksanaan prakerin kedepan lebih baik dari tahun sebelumnya.

1.10     Sertifikasi Dan Uji Kompetensi
Sertifikat diberikan kepada siswa sebagai keterangan bahwa siswa pernah melakukan prakerin, yang nilainya didapat dari pantauan selama dilapangan yang dilakukan oleh pihak Dudi dan dari sekolah yang bersifat ujian laporan tentang penguasaan materi selama praktek dilapangan. Sedang bagi siswa yang tidak memenuhi kualifikasi baik dalam absensi dan penguasaan materi, maka siswa harus mengulang pelaksanaan prakerin sampai dipandang layak untuk mendapatkan sertifikat pelaksanaan prakerin.

BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/DUDI

2.1       Sejarah singkat UPTD Puskesmas Singojuruh
PUSKSMAS SINGOJURUH
Di kabupaten Banyuwangi ini terdiri dari beberapa kecamatan salah satunya yaitu kecamatan Singojuruh.
Di dalam satu kecamatan ini terdiri dari beberapa desa, antara lain yaitu di Kecamatan Singojuruh ini terdiri dari 11 desa:
  1. Desa Padang
  2. Desa Cantuk
  3. Desa Singolatren
  4. Desa Sumberbaru
  5. Desa Benelan Kidul
  6. Desa Gumirih
  7. Desa Alasmalang
  8. Desa Gambor
  9. Desa Kemiri
  10. Desa Lemahbang Kulon
  11. Desa Singojuruh
Kabupaten Banyuwangi memiliki 15 rumah sakit dan 22 puskesmas. Puskesmas Singojuruh adalah salah satu 22 puskesmas Letak Geografis puskesmas ini bertepatan di sebelah timur kantor Kepolisian Singojuruh. Di sebelah barat Kantor Kecamatan Singojuruh dan bareda di sebelah kanan dengan alamat jalan Singojuruh-Gendoh No:91.
Pada awal berdirinya Puskesmas Singojuruh sekitar tahun 1974, yang hanya berupa Balai Pengobatan/BP yang berlokasi di Dusun Juruh Desa Singojuruh Kecamatan Singojuruh,Kabupaten Banyuwangi. Dengan fasilitas dan peralatan sederhana serta prasarana yang juga terbatas.
 Pada waktu itu ada seorang dokter yang bernama Dr.Satrio dan salah satu keluarga beliau ada yang sakit dan dibawa ke balai pengobatan itu.  Dan karena peristiwa itu beliau menghibahkan tanahnya untuk membangun sebuah Puskesmas dengan tujuan supaya jika ada masyarakat yang sakit bisa memperoleh pelayanan kesehatan.  Pada saat itu Puskesmas Singojuruh masih belum mempunyai ruang rawat inap dan hanya membuka sebuah  pengobatan untuk melayani masyarakat dengan pelayanan rawat  jalan.
Pada tahun 2004 pemerintah meningkatkan pendekatan pelayanan kesehatan masyarakat  dengan membangun Puskesmas Singojuruh menjadi sebuah Puskesnas rawat inap dengan luas bangunan kurang lebih 600 m3. Yang di lengkapi pula dengan fasilitas dan peralatan yang menunjang termasuk pula karyawan Sunber Daya Manusia (SDM).
Dengan Visi Dan Misi Puskesmas Singojuruh.
Ø  Visi  :
Mewujudkan masyarakat yang mandiri dan hidup sehat

Ø  Misi :
1.    Meningkatkan derajat kesehatan melalui penberdayaan masyarakat
2.    Meningkatkan kemandirian masyarakat untuk sehat dengan mengutamakan upaya preventif dan promotif.
3.    Meningkatkan keahlian dan keterampilan SDM petugas  sehingga dapat Memberikan playanan ramah,cepat dan bermutu.
4.    Melindungi kesehatan masyrakat dengan layanan paripurna dan bermutu Puskesmas Singojuruh.
5.    Mengoptimalkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana Puskesmas sehingga dapat memberikan pelayanan yang merata dan terjangkau di wilayah Puskesmas Sigojuruh.
6.  Meningkatkan managemen Puskesmas yang akan table dan transparan.



2.2. Struktur Organisasi UPTD Puskesmas Singojuruh




























2.3  Gambaran Umum UPTD Puskesmas Singojuruh
Ø  Karyawan Puskesmas Singojuruh terdiri dari:
  1. Dokter Umum
  2. Dokter Gigi
  3. Tenaga Paramedis Perawat
  4. Tenaga Bidan
  5. Tenaga Fungsional
·         Sanitarian
·         Epidermiologi
·         Promosi Kesehatan
·         Penyuluh KB
  1. Tenaga Administrasi

2.4  Alur Layanan UPTD Puskesmas Singojuruh
v  Jenis Pelayanan di Puskesmas Singojuruh berupa:
1.      BP Umum
·         Pelayanan untuk konseling masyarakat yang sedang sakit
2.      Apotik
·         Berupa pelayanan yang memberikan obat kepada masyarakat yang sudah Selesai melakukan pengobatan.
3.      IMS
·         Pelayanan bagi masyarakat yang terkena HIV,TBC,dan,DBD.
4.      KIA
·         Pelayanan yang melayani Imunisasi bayi, supaya tidak mengalami Penyakit yang tidak di inginkan.
5.      LAB/Radiologi
·         Pelayanan bagi masyarakat yang ingin menguji dirinya/Tes kehamilan.
6.      Poli Gigi
·         Pelayanan yang di gunakan bagi masyarakat yang ingin mencabut giginya dan lainya yang bersangkutan dengan gigi.
7.      Persalinan
·         Berupa pelayanan bagi masyarakat yang ingin melahirkan dan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.
8.      UGD
·         Berupa pelayanan yang melayani masyarakat dalam keadaan darurat.
·         Contohnya:Ada kecelakaan, maka di Unit Gawat Darurat ini akan di bersihakan semua luka-lukanya dan langsung ditangani.
9.      Pelayanan KB
·         Berupa pelayanan yang  melayani masyarakat untuk melakukan konseling KB (Keluarga Berencana ).
10.  Rawat Inap
·         Berupa pelayanan yang melayani masyarakat yang sedang sakit dalam keadaan yang harus mendapatkan perawatan lagi oleh dokter.
v  Disamping itu ada juga kegiatan pelayanan berupa Puskemas Pembantu atau Pustu terdiri dari :
a.       Pustu Cantuk
·         Yang berada di Desa Cantuk.
b.      Pustu Kemiri
·         Yang bareda di Desa Kemiri.
c.       Pustu Singolatren
·         Yang barada di Desa Singolatren
d.      Pustu Lemahbang
·         Yang berada di Desa Lemahbang
e.       Pustu Wijenan.
·         Yang berada di Desa Wijenan.
f.       Pustu Gambor
·         Yang berada di Desa Gambor.
v  Ada juga sebuah pelayanan Polindes yang berada di daerah:
1.      Benelan Kidul
2.      Alasmalang
3.      Padang
4.      Gumirih
Di dalam Puskesmas ini juga tersedia kantin yang melengkapi semua keperluan masyarakat. Jadi begitu lengkap pelayanan di Puskesmas Singojuruh.


BAB III
JURNAL HASIL PRAKERIN

3.1       CATATAN SISWA OLEH GURU PEMBIMBING

NO
DAFTAR KUNJUNGAN
CATATAN HASIL KUNJUNGAN
TANDA TANGAN PEMBIMBING SEKOLAH
1.
Hari                        : Sabtu            
Tanggal                   : 29 Des 2018
Jam                         : 08.22 Wib
Tujuan                    : Monitoring
Bertemu Dengan    : Pak Didik
Jabatan                   : Kepala Tu






Siti Aisah
2
Hari                        : Senin
Tanggal                   : 07 Jan 2019
Jam                         : 14.00 Wib
Tujuan                    : Bimbingan
Bertemu Dengan    : Bu Aisah
Jabatan                   : Gr. Pembimbing







Siti Aisah
3
Hari                        : Kamis
Tanggal                   : 17 Jan 2019
Jam                         : 13.32 Wib
Tujuan                    : Bimbingan
Bertemu Dengan    : Bu Aisah
Jabatan                   : Gr. Pembimbing







Siti Aisah
4
Hari                        : Selasa
Tanggal                   : 12 Feb 2019
Jam                         : 10.00 Wib
Tujuan                    : Monitoring
Bertemu Dengan    : Pak Didik
Jabatan                   : Kepala Tu








Siti Aisah
5
Hari                        : Sabtu
Tanggal                   : 16 Feb 2019
Jam                         : 13.30 Wib
Tujuan                    : Bimbingan
Bertemu Dengan    : Bu Aisah
Jabatan                   : Gr. Pembimbing








Siti Aisah



NO
DAFTAR KUNJUNGAN
CATATAN HASIL KUNJUNGAN
TANDA TANGAN PEMBIMBING SEKOLAH
6.
Hari                        : Sabtu
Tanggal                  : 23 Feb 2019
Jam                         : 12.22 Wib
Tujuan                    : Bimbingan
Bertemu Dengan    : Bu Aisah
Jabatan                   : Gr. Pembimbing







Siti Aisah
7.
Hari                        : Selasa
Tanggal                  : 19 Mar 2019
Jam                         : 13.00 Wib
Tujuan                    : Bimbingan
Bertemu Dengan    : Bu Aisah
Jabatan                   : Gr. Pembimbing







Siti Aisah
8.
Hari                        :
Tanggal                  :
Jam                         :
Tujuan                    :
Bertemu Dengan    :
Jabatan                   :







Siti Aisah
9.
Hari                        :
Tanggal                  :
Jam                         :
Tujuan                    :
Bertemu Dengan    :
Jabatan                   :







Siti Aisah
10.
Hari                        :
Tanggal                  :
Jam                         :
Tujuan                    :
Bertemu Dengan    :
Jabatan                   :







Siti Aisah
                                                                                                           
                       






3.2  RENCANA KEGIATAN  PRAKERIN

NO
DIVISI
PROGRAM PELATIHAN
WAKTU PELAKSANAAN
1.
Sie Loket
·     Mendaftar pasien dikomputer(simpus)
·     Mengentri P-Care BPJS
·     Menulis SKD(surat keterangan dokter)
·     Mendata CATIN(Calon Pengantin)
·     Memasukkan RM pasien
·     Mengantar Rekam Medis pasien
·     Mencatat di buku register pasien
·     Mengambil Rekam Medis Pasien
·     Menyiapkan peralatan loket
22 November -22 Desember 2018
2.
Sie Farmasi
·      Memuyer obat
·      Memberi etiket pada obat
·      Mengambil obat sesuai resep
·      Melidi pengeluaran obat
24 Desember 2018-24 Januari 2019
3.
Sie BP
·      Menimbang berat badan pasien
·      Mengukur tinggi badan pasien
·      Mencatat di data pasien
·      Ngentri data pasien
25 Januari – 25 Febuari 2019
4.
Sie Poli Gigi
·      Memanggil pasien
·      Menyiapkan alat-alat dan bahan-bahan
·      Mencuci alat yang sudah digunakan
·      Mencatat dibuku register Poli Gigi
26 Febuari – 26 Maret 2019
5.
Sie Posbindu
·      Mengantar Rekam Medis
·      Melengkapi kelengkapan RM
·      Menulis Diagnosa Thypoid,Telinga, dan Mata dibuku diary
·      Menulis pasien sehat dibuku register PTM(Penyakit Tidak Menular)
27 Maret – 20 April 2019


                                                            Singojuruh, 20 April 2019
     Pembimbing Instansi/DUDI                                                Pembimbing


(Didik Kusworo)                                                        (Siti Aisah S.Pd)
                                               


3.4  JURNAL KEHADIRAN
DAFTAR HADIR PESERTA PRAKERIN

Nama  :  Rani NovitaSari





NIS  :  1130/748.110







Kelas  :   XI Akuntasi 3

















BULAN
TANGGAL

Text Box: NOPEMBER
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
 31
PARAF PEMBIMBING DUDI











































































BULAN
TANGGAL
Text Box: DESEMBER
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
PARAF PEMBIMBING DUDI























Text Box: LIBUR







BULAN
TANGGAL
Text Box: JANUARI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PARAF PEMBIMBING DUDI
Text Box: LIBUR
























Text Box: SAKIT






Keterangan  :  Kolom daftar hadir peserta Prakerin harus diisi paraf oleh Pembimbing DUDI/yang ditunjuk Kepala Lembaga/Instansi

DAFTAR HADIR PESERTA PRAKERIN

Nama  :  Rani NovitaSari





NIS  :  1130/748.110







Kelas  :   XI Akuntasi 3

















BULAN
TANGGAL
Text Box: PEBRUARI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PARAF PEMBIMBING DUDI















































Text Box: LIBUR



























BULAN
TANGGAL
Text Box: MARET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PARAF PEMBIMBING DUDI






Text Box: LIBUR




























































BULAN
TANGGAL
Text Box: APRIL
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

PARAF PEMBIMBING DUDI


Text Box: LIBUR













Text Box: PEMILU

Text Box: LIBUR















































Keterangan  :  Kolom daftar hadir peserta Prakerin harus diisi paraf oleh Pembimbing DUDI/yang ditunjuk Kepala Lembaga/Instans


3.5   REKAPITULASI SISWA

REKAPITULASI KEHADIRAN SISWA
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
TAHUN 2018/2019

Nama Siswa                : Rani Novita Sari
Nomor Induk              : 1130/748.110
Program keahlian        : Akuntansi
Lama Prakerin            : 5 (Lima) bulan : 21 November 2018  - 20  April 2019

NO
URAIAN
JUMLAH
KETERANGAN
1.
HADIR
177
-
2.
SAKIT
1
-
3.
IZIN TERTULIS
-
-
4.
TANPA IZIN
-
-
JUMLAH
178
-

Catatan Pembimbing DU/DI :
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

Singojuruh, 20 April 2019
                                                                                    Pembimbing instansi/DUDI


                                             
                                                                                           DIDIK KUSWORO      




3.6  LEMBAR  EVALUASI  GURU  PEMBIMBING

SMK NURUT TAQWA SONGGON
PRAKTEK KERRJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN AJARAN 2018/2019


Nama  Guru Pembimbing     : SITI AISAH
Nomor Induk Pegawai         : -
Jabatan                                  : GURU PEMBIMBING

No
Indikator
Penilaian
1.
-        Guru pembimbing melakukan koordinator proses pengantar peserta PRAKERIN di tempat DUDI yang telah ditentukan
YA
-
-
2,
-        Guru pembimbing memberikan arahan kepada peserta PRAKERIN di awal masuk di tempat DUDI yang telah ditentukan
YA
-
-
3.
-        Guru pembimbing selalu melaksanakan monitoring dengan tertib dan tepat waktu sesuai jadwal
YA
-
-
4.
-        Guru pembimbing mampu memberikan solusi beserta saran ketika peserta PRAKERIN menemui suatu kesulitan disaat pelaksanaan PRAKERIN
YA
-
-
5.
-        Guru pembimbing melaksanakan penjemputan terhadap peserta PRAKERIN di DUDI yang telah ditentukan pada waktu kegiatan PRAKERIN berakhit dengan baik
YA
-
-
6.
-        Guru pembimbing selalu melaksanakan proses pembimbingan pembuatan dan penyelesaian laporan oleh peserta PRAKERIN dengan baik
YA
-
-


3.7  Lembar Penilaian

































BAB IV
PENUTUP

Ucapan syukur kami panjatkan kepada ALLAH SWT, karena dengan RidhoNya kami dapat menyelesaikan tugas untuk membuat laporan PSG ini, dan juga kepada Bapak dan seluruh Staf UPTD Puskesmas Songgon, kami mengucapkan banyak terimakasih, karena sudah memberi kami bimbingan dan pelajaran yang belum tentu kami dapat di sekolah.
Apabila selama kami melakukan praktek kerja di UPTD Puskesmas Singojuruh terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

4.1     Kesimpulan
Dari laporanhasil PSG diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak selamanya dalam dunia kerja harus sama sesuai dengan teori yang ada di sekolah.Dalam menyelesaikan pekerjaan, kita tidak bisa bekerja sendiri tetapi memerlukan kerja sama dengan rekan kerja. Jangan malu bertanya jika dalam suatu persoalan menemui kesulitan.

4.2     Saran
a.       Peran kerja sama antar anggota kelompok sangat dibutuhkan dalam pembuatan laporan, maka dalam setiap pembuatan laporan harus benar-benar memperhatikan kualitas kerja antar anggota kelompok.
b.      Untuk hasil laporan yang maksimal sebaiknya  lebih ditingkatkan persiapan dalam hal managemen waktu.
c.       Dengan adanya laporan prakerin ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dan referensi untuk meningkatkan kualitas SMK Nurut Taqwa agar PSG tahun berikutnya menjadi lebih baik





No comments:

Post a Comment